Sugeng Rawuh Dateng Blog KIM Kelurahan Kandangan

Melestarikan Tradisi Leluhur (Sedekah Bumi)

adat sedekah bumi dipunden desa klakahrejo
Klakahrejo-kandangan-Sedekah Bumi adalah salah satu adat berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam. Sedekah Bumi ini biasanya ditandai dengan pesta rakyat yang diadakan di balai desa atau di lahan pertanian maupun tempat-tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat. Upacara ini sudah berlangsung turun termurun dari nenek moyang kita, dan berkembang di Pulau Jawa, terutama di wilayah yang kuat akan budaya agraris.

Pada hari, minggu/14-Oktober-2018 Warga RW.1, dan RW.8 Kel.Kandangan mengadakan kegiatan Sedekah Bumi secara bersamaan, adapun untuk tempat kegiatan warga RW.1 diadakan dihalaman gedung pandansari, dengan hiburan kesenian campursari dan wayang kulit, sedangkan untuk di RW.1 acara sedekah bumi tersebut diawali dengan arak-arakan tumpeng yang diiringi dengan kesenian reog ponorogo dan berhenti di punden/tempat yang dianggap keramat oleh warga sekitar.

Dalam sambutanya sesepuh kampung berpesan, dengan adanya acara sedekah bumi ini diharapkan untuk warga RT.01, dan RT.02 yang masih tergabung dalam satu RW bisa saling rukun dan kompak dalam melaksanakan setiap kegiatan. (@margo_kim)
sedekah bumi warga rw.1 kandangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya di Blog Kandangan Sejahtera