Sugeng Rawuh Dateng Blog KIM Kelurahan Kandangan

Sego Rongewu Seri 23

Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan  dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita. Bakti sosial diadakan dengan tujuan – tujuan tertentu. Bakti sosial Sego Rongewu Seri 23 kali ini 14/10/18 dilaksanakan oleh IKASDASA (Ikatan Alumni SMP Negeri 10 Surabaya) di wilayah RW 9 Kelurahan Kandangan, Kecamatan Benowo. acara ini bertujuan untuk mewujudkan rasa cinta kasih , rasa saling menolong,rasa saling peduli alumni kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka. Acara yang diketuai oleh Bpk.Bambang itu rutin dilaksanakan tiap bulan.

Tujuan Baksos

1.Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai sarana aktualisasi diri mahasiswa untuk membantu sesama.

Sebagai sesama umat Tuhan YME seharusnya kita saling membantu dengan sesama. jika kita punya waktu dan bahan sebagai objek yang bisa kita berikan maka sebaiknya kita berikan hal itu untuk membantu mereka yang membutuhkan.Disamping itu semua kita bisa menggali rasa peduli kita  dengan sesama. Di Bhakti sosial ini juga diadakan Bazzar murah mulai dari makanan dan produk yang lainnya. 

2.Memberi motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam meningkatkan wawasan.

Sambutan Lurah Kandangan
Dengan kita memberikan bakti sosial berupa ilmu atau pun wawasan yang penting bagi kehidupan sehari – hari (misalnya pengetahuan mengenai aids) maka itu bisa memberikan ilmu / suatu yang penting bagi mereka. Dan itu mengupgrade wawasan pengetahuan mereka.Dengan begitu mereka akan sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan. Sekaligus juga diadakan sumbangan sukarela bagi peserta bazaar yang hadir untuk saudara kita yang sedang terkena musibah di Sulawesi Tengah

3.Mempererat hubungan kekeluargaan antara alumni dengan masyarakat.

Dengan kita berinteraksi dengan masyarakat (misal nya dalam kegiatan bakti sosial ) maka kita bisa saling kenal dan lebih akrab dengan mereka.Sehingga bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan dengan masyarakat. Kita secara tidak langsung sebenarnya membutuhkan rasa kekeluargaan dengan masyarakat karena kita hidup berdampingan dengan masyarakat luas dan kita pasti membutuhkan pertolongan mereka sewaktu – waktu.

Bentuk Kegiatan Baksos

Pembagian Sego Rongewu untuk Lansia
Bagi kita semua, pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata “baksos” atau yang merupakan kependekan dari “bakti sosial”. Bakti sosial merupakan suatu bentuk kepedulian kepada pihak sosial atau dalam hal ini adalah masyarakat terutama golongan yang berhak untuk menerimanya. Kegiatan bakti sosial bisa dalam bentuk penjualan nasi kotak dengan hanya seharga Rp 2.000,- juga bazaar murah seperti: penjualan sepatu merk trekkers, penjualan bajuk murah layak pakai dan sumbangan untuk korban gempa di Sulawesi Tengah. 

Manfaat Baksos

1. Untuk Masyarakat
a. Sebagai subyek, masyarakat diharapkan memiliki kemampuan mengupayakan peningkatan kualitas kesehatan dan kepedulian sosial

b.Sebagai obyek, masyarakat akan mendapatkan kemudahan melalui berbagai rangkaian kegiatan ekonomi yang menunjang seperti bazaar murah

2. Untuk alumni
c. Sebagai subyek, alumni mampu mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan masyarakat secara langsung.

d. Sebagai obyek, bakti sosial adalah sarana kepedulian dengan terjun langsung ke masyarakat

Pendapat Masyarakat terhadap Baksos yang dilakukan oleh Alumni IKASDASA

Sebagian masyarakat berpendapat bahwa bakti sosial yang dilakukan oleh alumni IKASDASA sangatlah bermanfaat bagi mereka untuk menjalani kehidupan sehari – hari.

#ikasdasa
#segorongewu
#ukmrw9
#rumahkreatif
#kimkandangansejahtera
(@srisulis/kim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya di Blog Kandangan Sejahtera