Sugeng Rawuh Dateng Blog KIM Kelurahan Kandangan

COCODAMA/KOKEDAMA ALA PKK KEL.KANDANGAN



 Kandangan_Ada banyak cara orang untuk memodifikasi tanaman biar kelihatan lebih bagus, seperti halnya tanaman-tanaman hias atau tanaman bonsai, kali ini PKK Pokja.I – IV Kel.Kandangan dengan sangat antusias mengikuti pelatihan bercocok tanam dengan metode hidroponik ala jepang atau yang disebut Cocodama/Kokedama.
Kokedama adalah teknik menanam tumbuhan dengan media tanam bola tanah atau bola lumut. Cara membuat dan merawat kokedama sangat mudah dilakukan, sehingga dapat menjadi alternatif solusi untuk mempercantik hiasan rumah, Kokedama adalah gabungan dari kata “koke” dan “dama”. Koke artinya moss atau lumut. Dama artinya bola. Jadi secara bahasa Kokedama artinya “bola lumut” atau “moss ball”. Media tanam yang digunakan adalah moss dan umumnya tanaman diletakkan di piring/tatakan atau digantung.
peserta pelatihan sangat antusias
Kegiatan yang dilaksanakan pada hari senin/7-Oktober-2019 itu dimulai dari pukul 11.00 wib s/d selesai, dan bertempat di rumah Ibu Rudi selaku Ketua PKK RT.02/RW.06 Kel.Kandangan dan juga sebagai pemberi pelatihan, selain dihadiri oleh PKK Pokja.I – IV acara tersebut dihadiri pula oleh Staf Kel.Kandangan dan Staf Kec.Benowo.

peragaan proses perajutan
Metode bercocok tanam dengan cara Kokedama tersebut sebenarnya sudah tidak asing lagi di Negeri Sakura, karena metode ini dirasa cukup mudah dan hasilnyapun sangat bagus maka tidak ada salahnya Ibu-ibu PKK Kel.Kandangan mulai mengembangkan metode ini, dan hasilnya juga bisa dijual untuk menambah penghasilan, untuk harga jualnya +/-20.000 perbunga dan pada hari sabtu 5-Oktober-2019 hasil karya ini sudah di jadikan Cindera Mata untuk PKK Kab.Mamuju Tengah ketika melaksanakan study banding ke Wil.Kel.Kandangan – Kec.Benowo – Surabaya.



Adapun jenis tanaman yang bisa digunakan untuk Kokedama adalah
§  Sirih gading (Epipremnum aureum)
§  Janda bolong (Monstera obliqua)
§  Sukulen
§  Begonia
§  Pakis
§  Lily Paris (Chlorophytum comosum).............@kimkandangansejahtera

hasil akhir sentuhan tangan dingin pkk kel.kandangan



1 komentar:

Terima Kasih Atas Kunjungannya di Blog Kandangan Sejahtera